Home » , , » Unpad Laksanakan TOT Persiapan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana

Unpad Laksanakan TOT Persiapan Seleksi Mahasiswa Pascasarjana

Written By Aditya Nusantara on Jumat, 21 November 2014 | 00.55

tot

Sebanyak 86 peserta mengikuti Training of Trainers (TOT) Teknik Wawancara dan Penilaian Proposal Penerimaan Mahasiswa Baru Unpad untuk Program Doktor, Magister, Spesialis, dan Profesi. Kegiatan ini diselenggarakan di Ruang Serba Guna, Gedung 1 Lantai 3, kampus Unpad Jln. Dipati Ukur No. 35 Bandung, Rabu (19/11).

“Pesertanya dari seluruh fakultas yang ada di Unpad, dari berbagai program studi,” ungkap Koordinator Seleksi Masuk Universitas Padjadjaran (SMUP), Dr. Ir. Denie Heriyadi, MS., saat ditemui di sela pelaksanaan acara.

Adapun tujuan dari digelarnya TOT ini adalah agar para peserta paham mengenai teknik wawancara dan penilaian proposal sehingga Unpad dapat menjaring mahasiswa yang memiliki kompetensi untuk mengembangkan potensi belajar.

“Untuk wawancara kan tidak semua orang bisa secara tepat tahu teknik wawancara. Karena itu, mereka perlu dibekali dulu bagaimana cara melakukan wawancara,” jelas Dr. Denie.

Bertindak sebagai pemateri adalah Dr. Indun Lestari Setyono, Dra.,M.Si dari Fakultas Psikologi Unpad dan Dr. Danny Meirawan dari Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia yang memaparkan mengenai Teknik Wawancara dan Simulasi, serta Prof. Dr. Ir. Soeparna, M.S. dari Fakultas Peternakan Unpad yang memaparkan mengenai Teknik Penilaian Proposal dan Simulasi.

“Sehingga nanti yang kita wawancara ini kita ketahui kompetesinya untuk mereka bisa menyelesaikan studi, atau mengeluarkan bakat-bakat yang mereka miliki setelah masuk di Pascasarjana,” ujar Dr. Denie.

Dr. Denie mengungkapkan, para peserta yang mengikuti pelatihan ini akan mendapatkan sertifikat dan dapat melakukan wawancara calon mahasiswa baru mulai akhir November nanti. Untuk calon mahasiswa baru Program Magister dan Doktor akan dilakukan pada 29 November 2014. Sementara untuk Profesi akan dilakukan awal 2015 mendatang.

“Dengan digelarnya TOT ini kita akan bisa melakukan seleksi secara terstandar dan bisa menjaring calon mahasiswa yang kompeten untuk bidangnya masing-masing,” harap Dr. Denie.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Prof. Dr. H. Engkus Kuswarno, MS dan dihadiri juga oleh Kepala Biro Pembelajaran dan Kemahasiswaan Unpad, Dr. H. Isis Ikhwansyah, SH.,MH., CN.

sumber : UNPAD

Share this article :

Posting Komentar

Advertisement

 
Support : Aditya Nusantara | Imaka Malang | Defila Shop
Copyright © 2015. BERITA KAMPUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger