Home » , , , » UNY JUARA I Kategori Fuel Engine Pada KKCTBN 2014

UNY JUARA I Kategori Fuel Engine Pada KKCTBN 2014

Written By Aditya Nusantara on Selasa, 18 November 2014 | 19.31

juara 1

Tim Roboboat (Robot Kapal) KUNY MECHA 001 Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), berhasil meraih juara I pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2014 (KKCTBN 2014) kategori fuel engine, 5—6 November lalu di Universitas Indonesia, Depok. Kontes ini memiliki tiga kategori yakni electric, fuel engine, dan autonomous. Adapun peserta ajang ini berasal dari 31 tim dari 22 perguruan tinggi. Untuk kategori fuel engine diikuti oleh 9 peserta.

Tim KUNY MECHA 001 dengan kapalnya yang diberi nama “MECHABOT” berhasil menyisihkan Krakatau MTB III dari STMIK Teknokrat (juara II),  tim U.A.R.T dari Institut Teknologi Nasional Malang (juara III) dan PENSHIP dari PENS (Best Design). Tim KUNY MECHA 001 terdiri dari Putro Nugroho, Rochmat Widodo, Muhammad Filda Tamini, dan Nanang Kurniawan dengan Dosen Pembimbing Sigit Yatmono, S.T., M.T. Keempat mahasiswa tersebut berasal dari Prodi Pendidikan Teknik Mekatronika, FT UNY.

Bukan hal yang mudah bagi tim dalam mendapatkan juara I, pembuatan kapal memakan waktu sekitar 4 bulan lamanya. Selanjutnya menurut Putro, kesulitan yang mereka alami saat pertandingan adalah pada saat akhir pertandingan. Kapal mereka tidak seimbang. Laju kapal yang seharusnya lurus menjadi belok. “Jadi monuvernya harus dikontrol dengan perasaan,” jelas Putro.

Putro menjelaskan bahwa secara keseluruhan pertandingan berat dan semua lawan hampir semuanya kuat. Namun lawan terberat adalah UI, Undip,  STMIK Teknokrat, dan UGM.

Kategori kapal fuel engine sendiri merupakan kapal dengan mesin berbahan bakar cair sebagai tenaga penggerak.  Kontes kategori ini meliputi antara lain: speed performance, manuver serta penilaian desain kapal. MECHABOT dikendalikan oleh modul remote control yang menggerakkan tuas gas dan haluan kapal. Dengan mesin (special engine) 29,5cc dan bentuk kapal jenis hidro yang telah dimodifikasi, kapal ini mampu melaju dengan kecepatan tinggi dan melakukan manuver dengan baik. Keunggulan-keunggulan yang dimiliki itulah yang membuat MECHABOT meraih poin sempurna untuk uji speed dan uji manuver pada KKCTBN 2014 lalu. Pengembangan kapal ini cukup potensial dijadikan sebagai kapal penjaga perbatasan laut Indonesia serta kapal pengintai.

sumber : UNY

Share this article :

Posting Komentar

Advertisement

 
Support : Aditya Nusantara | Imaka Malang | Defila Shop
Copyright © 2015. BERITA KAMPUS - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger